6 LANGKAH MUDAH MENYETEL/ SETTING TELESKOP SENAPAN ANGIN

0
2799

Teleskop merupakan satu komponen yang sangat penting dalam senapan angin kita oleh karena fungsinya teleskop ini sangat berpengaruh pada senapan angin kita. Jika settingan teleskop kita sedikit melenceng atau tidak pas maka akan menyebabkan binatang buruan kita akan kabur karena tembakan kita meleset.

Bagi pemburu yang masih pemula atau yang belum pernah menyetel teleskop pasti akan kebingungan dan asal saja menyettingnya. Nah, kali ini saya akan membagikan cara menyetel teleskop pada senapan angin yang baik dan benar. Saya akan menjelaskan sedetail dan sesimple mungkin untuk para sobat bedhilers agar mudah di mengerti.

Sebelum masuk ke cara zeroing/ setting teleskop senapan, pertama – tama anda harus mengerti bagian – bagian tombol yang ada di teleskop.

Inilah beberapa penjelasan mengenai beberapa tombol yang ada pada teleskop  :

  1. Tombol setelan bagian atas dan bawah.
  2. Tombol setelan samping (kanan dan kiri).
  3. Tombol bagian perbesaran.
  4. Tombol ON/OFF lapu (merah dan hijau)
  5. Tombol pengaturan plus minus untuk mata.
  6. Bagian untuk menembak sasaran.

Nah, sekarang kita mulai bahas penyettingan (zeroing) teleskopnya. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan saat, simak dan praktekkan langkang – langkah di bawah ini :

  • Pengaturan pembesaran teleskop

Untuk pembesaran teleskop yang harus kita pakai adalah pembesaran yang terkecil dan jangan di zoom.

  • Pemasangan teleskop

Disaat teleskop dipasang maka posisinya harus benar-benar lurus. Untuk mengetahui teleskop yang anda pasang sudah lurus, lakukan pengecekan secara visual dengan acuan tanda plus (+) yang ada dilensa.

  • Mengatur jarak tembak

Jarak tembak yang digunakan dalam mengetes hasil settingan teleskop adalah sekitar 10 meter, serta pastikan tidak ada angin yang berhembus kencang.

  • Persiapkan sasaran tembak.

Pada langkah ini usahakan sasaran tembak yang akan dipakai adalah titik di tembok yang memiliki luas minimal persegi yaitu ukuran 1 meter x 1 meter.

  • Peletakkan senapan.

Ketika menembak ada baiknnya jika anda tidak memeggangi senapan, melainkan didudukan pada sebuah tumpuan contohnya bangku atau trippod. Hal ini dilakukan untuk menstabilkan senapan angin saat menembak sasaran.

  • Testing

Tembaklah titik yang ada di tembok yang telah kita buat tadi dan lihatlah arah larinya peluru. Jika akurasi peluru kurang ke arah atas (poin no. 1/2/3) atau kurang ke arah bawah maka dapat diatur dengan memutar switch setelan atas dan switch setelan bawah ( di gambar angka 1 ) sesuaikan dengan arah yang terdapat pada target.

Tetapi jika akurasi peluru kurang ke kanan atau kurang ke kiri (poin 6/7/8), maka cara mengaturnya adalah tombol switch setelan samping kanan dan tombol  switch kiri diputar ( di gambar angka 2 ) dan sesuaikan dengan arah yang ada di target.

Ulang ilangkah ini hingga tembakan senapan tepat mengenai sasaran ditengah.

Semoga dengan tips – tips diatas bisa membantu anda dalam mennyetting/ zeroing teleskop. Demikian sedikit pengetahuan yang bisa saya share kepada sobat bedhilers semoga bermanfaat. SALAM SATU LARAS.

Untuk mendapatkan senapan angin berkualitas dengan STKS anda bisa kunjungi SENAPAN 123 atau menghubungi salah satu seller resmi kami. Happy shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here