BEBERAPA CARA MUDAH BERBURU BIAWAK

0
906

Penduduk Indonesia sudah sangat akrab dengan binatang yang satu ini yaitu biawak. Binatang yang satu ini dapat ditemui di sekitar rumah, di pinggir hutan, di kolam-kolam ikan ataupun di tempat lembab ( rawa ). Biawak merupakan binatang berkaki empat yang mempunyai panjang tubuh maksimal mencapai lebih dari 1 meter.

Binatang yang satu ini termasuk berbahaya bagi manusia karena dapat menyerang manusia dengan gigitan ataupun kibasan ekor disaat terdesak.  Walaupun berbahaya, binatang yang satu ini banyak diburu oleh para pemburu karena diambil dagingnya yang digunakan untuk bahan makanan selain itu daging biawak ini berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit misalnya penyakit gatal.

Daging biawak ini mempunyai nilai jual yang tinggi sehingga banyak yang memburu biawak. Pada beberapa kota di daerah Indonesia harga biawak berkisar antara Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000 per ekornya  dilihat dari besar kecilnya biawak tersebut. Banyak sekali olahan yang memanfaatkan daging biawak sebagai bahan dasarnya yaitu sate biawak, tongseng biawak, dan aneka masakan tradisional.

Cara berburu biawak sangat beragam, tergantung dari kesenangan dan kebiasaan pemburunya. Disini saya akan mencoba untuk menjelaskan beberapa cara yang dapat diterapkan untuk berburu biawak antara lain :

  • Memakai jerat atau perangkap

Untuk langkah yang satu ini maka yang kita butuhkan adalah jaring kawat. Caranya adalah buatlah jerat atau perangkap dari jaring kawat tau papan yang dibentuk seperti kotak yang ukurannya sama dengan ukuran tubuh biawak yang panjang. Adapun sistem kerja dari perangkap ini hampir sama dengan sistem kerja perangkap tikus. Disaat biawak mulai memasuki perangkap yang didalamnya telah disediakan umpan maka secara otomatis pintu perangkap akan tertutup setelah biawak berada di dalamnya. Adapun umpan yang menarik perhatian atau makanan favorit dari biawak adalah jeroan ayam, ikan mentah, isi perut ikan dan telur ayam.

  • Memakai pancingan.

Jika kita hendak menangkap biawak menggunakan pancing maka daerah yang harus kita datangi sebagai spot adalah daerah pinggiran sungai yang banyak tumbuhan air. Biawak ini sering mendatangi daerah pinggiran sungai yang banyak ditumbuhi oleh tanaman air untuk mencari ikan yang merupakan makanan mereka. Alat yang diperlukan untuk menangkap biawak adalah kail pancing berukuran sedang atau besar dan seutas tali.

Adapun tali yang dipakai haruslah yang kuat dan juga harus dapat menahan beban berupa tarikan biawak yang sedang melawan. Untuk tali yang dapat digunakan ketika menangkap biawak adalah senar pancing yang ukurannya besar, tali nylon atau seling kawat. Untuk memancing biawak dengan menggunakan cara ini maka anda harus memasangkan jeroan ayam yang masih segar berlumuran darah di kail pancing kemudian letakkanlah pancing di tempat yang sekiranya kerap didatangi biawak. Dan bila anda beruntung maka biawak yang datang akan memakan umpan dan akan menyangkut pada kail pancing. Dan jika sudah tersangkut maka biawak tidak akan bisa kemana-mana. Kalau sudah begitu maka keesokan harinya kita bisa membawa pulang biawak.

  • Memakai senapan angin.

Berburu biawak adalah salah satu cara yang paling umum dan paling mudah untuk dilakukan.  Kita hanya memerlukan sepucuk senapan angin yang telah dilengkapi peluru maka kita sudah bisa mendapatkan biawak. Jika kita menggunakan senapan angin untuk berburu biawak maka daerah yang harus kita datangi adalah daerah pinggiran hutan ataupun sepanjang aliran sungai yang banyak tumbuh pohon bambu. Karena pohon bambu merupakan pohon kesukaan bagi biawak dan membuat sarang didalamnya.

Untuk dapat menembak biawak maka sebaiknya kita pancing terlebih dahulu dari tempat persembunyian mereka dengan menggunakan aneka umpan kesukaan biawak misalnya jeroan ayam, ikan beserta jeroannya dan telur ayam yang sudah dipecahkan terlebih dahulu. Umpan-umpan tersebut kita letakkan di daerah sekitar pohon bambu atau lokasi yang kita incar. Intiplah dari kejauhan sambil bersiap-siap dalam posisi menembak.

Disaat biawak sudah muncul maka langsung tembaklah pada bagian yang mematikan yaitu pada bagian lehernya. Bagian leher biawak merupakan titik kelemahannya, jika kita mengenai tepat pada leher maka biawak akan langsung mati dengan sekali shoot.

Demikian beberapa cara yang dapat digunakan ketika kita hendak berburu biawak , semoga dengan artikel yang saya buat ini dapat menambah wawasan sobat bedhilers. Salam satu laras.

Semoga dengan adanya artikel ini, anda tidak salah dan ragu lagi ketika akan membeli senapan angin yang anda butuhkan. Jika anda berminat untuk membeli senapan dengan laras yang TOP, maka saya rekomendasikan anda membelinya di Senapan123.com atau seller-seller resmi Senapan123. Karena senapan 123 hanya menjual senapan-senapan berkualitas. Happy Shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here