FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKURASI TEMBAKAN, KECEPATAN LAJU PELURU DAN TIPS MENEMBAK DENGAN TEPAT

0
1046

Faktor Penyebab Senapan Angin Tidak Akurat

Terkadang ada senapan angin yang akurasinya tidak bagus sehingga membuat kita menjadi kesal dan jengkel . Hal tersebut terjadi karena adanya beberapa faktor yang terdapat pada senapan angin itu sendiri ataupun faktor yang ada pada diri kita sendiri. Beberapa faktor penyebab sehingga hasil tembakan tidak akurat adalah antara lain :

  • Faktor Laras Senapan Angin

Yang menjadi faktor penentu dari akurat atau tidaknya hasil tembakan kita adalah laras, oleh karena struktur dari laras yang rusak atau cacat akan sangat mempengaruhi tingkat akurasi tembakan. Hal tersebut tentu akan membuat peluru yang berputar dalam laras jadi tidak stabil yang akan menyebabkan peluru yang keluar akan melenceng arahnya dan tidak beraturan.

Maksud dari tidak beraturan tersebut adalah peluru  hasil tembakan seringkali akan mengenai sedikitnya dua sisi, bisa saja sisi bagian kiri, sisi bagian kanan, sisi bagian atas atau sisi bagian bawah pada target dan hal tersebut dapat terjadi secara terus-terusan. Tetapi lain halnya jika peluru hasil tembakan mengenai hanya salah satu sisi dari target misalnya sisi bagian bawah, sisi bagian atas, sisi bagian kanan ataupun sisi bagian kiri maka penyebab permasalahannya bukan pada laras melainkan penyebab permasalahan tersebut bisa saja berasal dari pisir atau teleskop pada senapan angin anda.

  • Faktor Peluru Senapan Angin

Faktor berikutnya yang mempengaruhi  tingkat keakuratan hasil tembakan adalah peluru dikarenakan peluru mempunyai ukuran, berat dan juga bentuk yang berbeda-beda antara jenis peluru yang satu dengan jenis peluru yang lainnya. Hal itulah yang menyebabkan adanya ketidak cocokan peluru dengan alur yang terdapat pada laras senapan angin ataupun tekanan angin yang keluar dari senapan angin.

  • Faktor Teleskop atau Pisir

Aksesoris yang biasa dipasangkan pada senapan angin yang gunanya untuk membantu melihat target dan juga mengarahkan titik senapan angin pada target disebut teleskop atau pisir. Faktor    teleskop tersebut sangat berpengaruh pada akurat atau tidaknya hasil tembakan. Hal tersebut bisa saja dikarenakan pisir yang terlalu tinggi, lubangnya terlalu lebar atau bisa saja dikarenakan teleskop yang anti getaran yang biasa dikenal orang teleskop murahan.

Untuk ketiga faktor tersebut dapat diatasi tetapi alangkah bagusnya apabila dicoba terlebih dahulu untuk melihat jika terjadi sesuatu yang salah pada senapan angin milik kita.

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Peluru

Salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan dari laju peluru hasil tembakan adalah banyaknya jumlah pompaan. Hal itulah yang menyebabkan banyak orang beranggapan bahwa semakin banyak kita memompa senapan angin maka buruan akan terkena dan langsung mati. Tetapi hal yang mempengaruhi laju kecepatan peluru bukanlah hanya pada banyaknya jumlah pompaa. Banyak hal yang mempengaruhi cepat tidaknya laju peluru tetapi orang hanya mengetahui kalau yang mempengaruhi kecepatan laju peluru hanyalah banyaknya jumlah pompaan.

Maka disini akan saya coba menjelaskan berapa faktor  yang mempengaruhi laju kecepatan melesatnya peluru menuju sasaran selain. Sebelum itu anda saya akan bahas tentang jumlah pompaan yang ideal.

  • Model atau Jenis Senapan Angin

Model senapan angin yang kita gunakan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan agar kita ketahui jumlah pompaan yang harus kita gunakan pada senapan angin kita. Hal tersebut dikarenakan setiap jenis senapan angin mempunyai sistem dan juga bentuk yang berbeda. Ada senapan angin yang ketika dipompa 3 sampai 4 kali pompa sudah terasa berat, dan ada pula senapan angin yang meskipun sudah dipompa sampai 15 kali tapi masih dapat dipompa terus.

  • Besarnya Target

Ukuran dari target yang akan kita bidik juga mempengaruhi jumlah pompaan yang akan kita lakukan. Untuk membidik binatang yang ukurannya kecil misalnya burung tekukur maka untuk membuatnya mati hanya diperlukan pompaan sekitar 3 sampai 5 kali dengan syarat peluru hasil tembakan kita mengenai tepat pada titik kelemahannya (baca di artikel saya “titik mematikan buruan”). Tetapi berbeda lagi jika binatang target yang akan kita bidik ukurannya besar misalnya luwak maka jumlah pompaan yang diperlukan adalah lebih banyak daripada jumlah pompaan yang kita gunakan untuk membidik burung tekukur.

Kedua hal diatas dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk kita ketika akan memompa senapan angin kita. Tetapi ternyata selain jumlah pompaan masih ada beberapa hal yang mempengaruhi laju kecepatan peluru antara lain jenis dan beratnya peluru, jumlah alur yang terdapat dalam laras, ukuran besar dan kecilnya tabung senapan angin, arah dari angin dan struktur tempat menyimpan dan mengeluarkan angin.

Dari semua faktor tersebut maka kepercayaan diri kita juga diperlukan, selain itu kita harus mengetahui titik-titik bagian tubuh dari binatang buruan kita. Oleh itu meskipun jumlah pompaan yang kita lakukan banyak tetap saja tidak berguna jika kita tidak mengenai titik yang mematikan pada binatang buruan kita. Berikutnya saya akan membagikan tips menembak, simak baik-baik ya.

Tips Menembak

Kadangkala ketika kita menembak dimana posisi senapan yang tidak disandarkan menyebabkan hasil tembakan jadi meleset dari titik sasaran kita, entah itu ke sisi kiri, sisi kanan, bagian bawah ataupun bagian atas. Jika sampai terjadi hal seperti ini maka kita akan merasa kecewa apalagi kalau sampai binatang buruan kita kabur. Tentu sangat menjengkelkan. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan saat menembak agar arah peluru tidak meleset dari sasaran :

  • Faktor Senapan Angin

Faktor yang banyak berpengaruh pada melesetnya arah peluru pada target adalah senapan angin yang kita gunakan. Permasalahan tersebut mungkin saja berasal dari laras senapan angin yang tidak bagus, peredam dan teleskop  yang tidak mantap, atau juga disebabkan oleh jenis peluru yang dipakai oleh pemburu ketika membidik sasaran.

  • Faktor Penggunanya

Faktor senapan angin yang digunakan adalah faktor utama yang mempengaruhi melesetnya peluru, dan faktor kedua yang berpengaruh sampai terjadinya hal tersebut adalah faktor manusia yang memakainya. Arah peluru yang kita tembakkan sampai meleset dikarenakan oleh stamina tubuh kita yang sudah kelelahan yang membuat berkurangnya konsentrasi  selain itu cara menembak juga mempengaruhi arah melesatnya peluru.

  • Faktor Cuaca

Faktor terakhir yang mempengaruhi akurasi peluru adalah cuaca atau angin yang sedang bertiup. Untuk mengatasi faktor yang satu ini maka bisa kita minimalisir dengan mengetahui terlebih dahulu karakteristik dari senapan angin kita dan juga cuaca yang sedang terjadi di sekitar kita.

Agar hasil tembakan kita tidak meleset maka seharusnya kita menguasai terlebih dahulu ketiga faktor diatas supaya kita menjadi seorang penembak yang handal. Selain itu faktor yang mempengaruhi laju kecepatan peluru dan faktor yang membuat tembakan kita menjadi tidak akurat juga harus dipahami. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan sobat bedhilers tentang Faktor Yang Mempengaruhi Akurasi Tembakan, Kecepatan Laju Peluru Dan Tips Menembak Dengan Tepat. Salam satu laras.

Semoga dengan adanya artikel ini, anda tidak salah dan ragu lagi ketika akan membeli senapan angin yang anda butuhkan. Jika anda berminat untuk membeli senapan dengan laras yang TOP, maka saya rekomendasikan anda membelinya di Senapan123.com atau seller-seller resmi Senapan123. Karena senapan 123 hanya menjual senapan-senapan berkualitas. Happy Shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here