HAL YANG HARUS ANDA LAKUKAN SEBELUM PERGI BERBURU

0
313

Diartikel ini saya akan membagikan hal-hal yang sobat bedhilers (pemula) lakukan sebelum berburu. Sebelum terjun langsung ke tempat beburu, alangkah baiknya jika anda berlatih terlebih dahulu agar saat melakukan pemburuan tidak sia-sia karena anda sudah mahir menembak binatang buruan yang anda inginkan. Berikut ini saya rangkumkan beberapa langkahnya :

  • Berlatih menembak (di tempat yang aman) sebelum pergi berburu

Tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat latihan menembak adalah lapangan tembak atau di tempat klub menembak. Sasaran tembak yang dapat kita gunakan haruslah berjarak sekitar beberapa ratus meter dan apabila anda merasa mampu maka boleh menambah jarak tembak anda. Cobalah untuk menembakkan beberapa peluru pada clay atau sasaran tembak dengan maksud untuk membiasakan diri anda menggunakan senapan angin sebelum anda pergi berburu ke hutan. Apabila hendak berburu maka perhatikan terlebih dahulu kalau area berburu anda bukanlah wilayah pribadi milik seseorang selain itu selalu patuhilah peraturan dan hukum yang berlaku di daerah tersebut.

  • Mengisi senapan angin

Sebelum memasukkan peluru ke dalam tempat peluru ( chamber ) maka pastikanlah terlebih dahulu kalau kunci pengaman senapan angin dalam keadaan terpasang. Apabila anda mempunyai senapan angin yang jenisnya “ break action “ yang maksudnya adalah laras dan juga popor terbuka dan dapat dimasukkan peluru ke dalamnya maka balikkan terlebih dahulu pembukanya yang letaknya berada pada bagian atas senapan angin yang terletak di dekat pegangan di bagian belakang.

Posisi senapan akan membuka bergantung sehingga peluru dapat dimasukkan pada bagian dalam laras. Tutuplah kembali senapan angin setelah peluru dimasukkan ke dalam laras senapan angin. Pengaman harus tetap terpasang sampai waktunya tepat untuk menembak. Buat senapana angin jenis semi-otomatis dan juga senapan angin jenis pump-action (senapan angin jenis pompa) maka langkah yang harus dilakukan adalah mengambil peluru terlebih dahulu kemudian arahkan peluru yang ujungnya kuningan menghadap ke arah belakang senapan angin  setelah itu tangkupkanlah di dalam tangan anda untuk kemudian memasukkannya ke dalam lubang tempat peluru yang berada di depan pengunci picu.

Untuk senapan angin jenis semi otomatis dan senapan angin jenis pump action dapat diisi dengan 3 sampai 5 peluru. Apabila senapan dipompa itu artinya anda telah mengisi senapan angin dengan peluru. Bisa juga dengan pompa ditarik ke belakang yang nantinya pintu geser akan terbuka dan masukkanlah peluru sewaktu-waktu. Dan apabila pompa digerakkan ke arah depan maka peluru akan terisi dengan sendirinya.  Dan yang harus tetap diperhatikan adalah waktu mengisi peluru pada senapan angin hanya boleh dilakukan apabila anda sudah siap hendak menembak. Sebelum dipakai menembak pastikanlah agar pengaman picu pada senapan angin anda selalu dalam keadaan terkunci atau terpasang.

  • Tariklah pelatuk atau picu senapan angin.

Apabila anda sudah dalam keadaan siap untuk melakukan tembakan maka tariklah pelatuknya atau picu senapan angin anda. Arahkan senapan angin pada sasaran tembak dengan posisi menembak yaitu popor ditempelkan pada bahu, kemudian bukalah kunci pengaman picu dan selanjutnya tariklah picu atau pelatuk senapan angin dengan lembut seperti anda sedang melakukan jabat tangan yang erat dengan teman anda.

Kesalahan yang biasa dilakukan adalah menutup mata ketika kita baru berlatih menembak atau ketika menyentakkan senapan angin ke arah atas dan menarik picunya dengan keras. Apabila sedang melakukan latihan menembak maka mata harus tetap terjaga atau terbuka supaya pemandangan terlihat dengan jelas dan kita dapat fokus pada target yang sedang bergerak selain itu usahakan agar pandangan sejajar tetap dipertahankan dengan baik. Hentakan yang dihasilkan oleh senapan angin sangatlah kuat jadi anda harus membiasakan diri terhadap rasa tersebut.

  • Meningkatkan akurasi tembakan.

Ada hal yang sulit ketika akan menembak clay yaitu kita harus dapat menyeimbangkan kecepatan dari sasaran yang artinya apabila posisi menembak berada di depan sasaran dan bukannya tepat pada sasaran. Selain itu yang harus diimbangi adalah jangkauan tembakan pada setiap peluru yang melesat keluar dari laras senapan angin. Jangkauan dari peluru bisa saja melebar dan hal tersebut dapat kita lakukan dengan menembakkan peluru ke arah sekeliling target dan bukan tepat pada target.

Oleh karena itulah disarankan untuk memilih tempat yang aman dimana tidak ada orang lain disekitar kita yang nantinya akan menimbulkan kecelakaan yang tidak diinginkan dikarenakan jangkauan peluru yang dapat menyebar kemana-mana. Dan tempat teraman sebagai tempat latihan menembak adalah lapangan tembak. Ketika target lewat maka biarkanlah dahulu dan perhatikan garis yang dilewati target . Setelah itu arahkan senapan angin ke tepi bagian depan target dan tariklah pelatuknya. Ayunkan terus senapan angin sampai posisi arah tembakan berada di depan target. Fokuskan pandangan anda pada sasaran dan ikutilah gerakannya, tahanlah terlebih dahulu senapan angin anda pada posisi siaap menembak dan tariklah napas terlebih dahulu sebelum senapan angin diturunkan lalu kuncilah pengamannya. Stelah semua itu maka periksalah hasil tembakan anda.

Demikian sedikit penjelasan dari saya, semoga artikel ini dapat menjadi pertimbangan anda sebelum membeli senapan angin. Jika anda berminat untuk membeli senapan serta aksesoris yang TOP, maka saya rekomendasikan anda membelinya di Senapan123.com atau seller-seller resmi Senapan123. Karena senapan 123 hanya menjual senapan-senapan berkualitas. Happy Shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here