JENIS MIMIS YANG PALING COCOK UNTUK SENAPAN

0
2912

Ada satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan dalam dunia senapan angin. “Apa mimis yang paling cocok untuk senapan saya?”. Tidak ada yang benar atau salah dalam memilih mimis untuk senapan angin anda. Senapan dari merk dan tipe yang sama pun kadang membutuhkan mimis yang berbeda. Caranya adalah dengan mencoba semua mimis yang beredar di pasaran. Seiring waktu, anda akan menemukan mimis yang paling cocok untuk senapan anda dberdasarkan pada performa dan akurasinya.

Seperti halnya semua benda di muka bumi saat dilemparkan, laju lintasan mimis saat ditembakkan juga melengkung ke bawah (parabolic) karena tertarik gaya gravitasi bumi. Derajat kelengkungan dipengaruhi oleh bobot mimis itu sendiri, tekanan angin yang dilepaskan dan  jarak yang ditempuh untuk mencapai target. Salah satu masalah yang harus diwaspadai ialah pantulan (ricochet) mimis saat ditembakkan. Tergantung jarak tembakan, terkadang mimis bisa membahayakan anda ataupun yang ada di sekitarnya.

Jenis Proyektil atau Peluru Proyektil (atau biasa juga disebut peluru, pellet dan mimis) pada senapan angin memiliki beberapa jenis yang dibedakan dari bentuk kepala proyektil. Terdapat ratusan variasi bentuk mimis, tapi pada dasarnya dibedakan menjadi :

1. Kepala Lancip (Pointed)

Peluru mimis jenis ini menyajikan penetrasi maksimal pada target sehingga sangat cocok untuk berburu. Bagian pinggang mimis memiliki diameter yang lebih lebar untuk meningkatkan bobot tanpa mengurangi akurasinya. Pada mimis yang memiliki alur pada bagian roknya akan memiliki akurasi yang lebih baik dan jarak tempuh lebih jauh, tapi juga meningkatkan gesekan sehingga mengurangi kecepatannya.

2. Kepala Bulat (Round nose)

Mimis ini memiliki bagian kepala yang membulat sehingga menambah bobot dan kekuatan tumbukannya. Kelebihan mimis jenis ini ialah lebih tahan terhadap angin sehingga memiliki akurasi yang baik sekalipun pada jarak yang jauh dan hasil perkenaan yang mematikan.

3. Kepala Rata (Wadcutter)

Inilah jenis mimis dengan akurasi tertinggi yang tersedia di pasaran. Bobotnya ringan dan menyajikan kecepatan maksimal. Umumnya digunakan untuk perlombaan dimana sasaran yang ditembak adalah kertas, Flat poin menghasilkan lubang tembakan yang rata sehingga memudahkan dalam penilaian. Dalam jarak dekat, mimis jenis ini memiliki efektifitas seperti Hollow Point. Sayangnya, pada jarak jauh akan tidak stabil dan kehilangan akurasinya.

4. Kepala Berlubang (Hollow Point)

Desain jenis mimis ini adalah kombinasi atau penyempurnaan dari kepala rata (wadcutter). Teorinya adalah menggabungkan akurasi yang tinggi pada jarak dekat dan kecepatan yang rendah. Mimis ini memadukan karakter laju mimis kepala rata yang efisien dengan kekuatan tumbukan dan kecepatan mimis kepala bulat sehingga cocok untuk jarak menengah. Menimbulkan efek luka bukaan yang lebih besar dari diameter pelet.

5. Paser Ikan

Jenis peluru ini hanya ada di Indonesia. Peluru paser digunakan khusus untuk menembak ikan atau hewan air lain seperti belut atau bulus. Bentuknya seperti anak panah dengan kepala peluru terbuat dari timah dan pada bagian roknya tersambung dengan tali senar. Perbedaannya dengan mimis biasa, selain ukurannya yang jauh lebih panjang, peluru paser dimasukkan dari ujung laras. Tali senar berguna untuk mengangkat/mengambil kembali peluru paser setelah ditembakkan.

Demikian sedikit penjelasan dari saya, semoga artikel ini dapat menjadi pertimbangan anda sebelum membeli senapan angin. Jika anda berminat untuk membeli senapan serta aksesoris yang TOP, maka saya rekomendasikan anda membelinya di Senapan123.com atau seller-seller resmi Senapan123. Karena senapan 123 hanya menjual senapan-senapan berkualitas. Happy Shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here