KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JUMLAH ALUR LARAS

0
1064

Setiap laras mempunyai jumlah alur yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dan jumlah alur yang terdapat pada laras tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di artikel berikut ini saya akan coba membahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada laras senapan angin yang ada di Indonesia. Sebelumnya kita akan membahas mengenai beberapa faktor yang dapat mempengaruhi akurasi dari laras senapan angin diantaranya yaitu :

  1. Faktor lurusnya lubang bor pada laras senapan angin.
  2. Faktor homogenitas pada lubang laras senapan angin dimulai dari pangkal laras sampai ujung laras, kecuali pada laras senapan angin yang terdapat choked yang sedikit mengecil pada ujung laras.
  3. Faktor keseragaman dalamnya groove ataupun lebarnya rel land.
  4. Faktor kelangsaman ulir twistnya. Ada laras tertentu yang mempunyai twist gain.
  5. Faktor stiffness laras atau kakunya laras. Apabila laras semakin kaku maka hal tersebut semakin membuat laras semakin bagus dikarenakan getaran yang ditimbulkan oleh tembakan senapan angin akan jadi berkurang atau sedikit.
  6. Faktor kesempurnaan dari machinery halusnya land pada laras senapan angin.

Jumlah alur yang terdapat di dalam laras berbeda-beda jumlahnya, ada yang beralur 6, ada yang beralur 9 dan ada yang beralur 12. Disini saya akan coba menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dari jumlah alur tersebut diantaranya :

  • Pada laras yang jumlah alurnya sedikit maka laras tidak dapat terlalu mencengkeram peluru, jika groove laras dangkal maka bisa saja peluru tergelincir. Oleh karena itu laras yang ulirnya sedikit kadangkala groovenya dibuat agak sedikit dalam. Kesimpulannya adalah jumlah alur yang terdapat pada laras berkombinasi dengan kedalaman serta lebarnya groove. Semakin dalam groove maka semakin bagus juga sekatan atau dorongan angin dari bagian belakang.
  • Jumlah alur yang banyak akan membuat peluru lebih stabil akselerasinya. Tetapi jikalau rel, twist dan juga diameter dari laras tidak seragam maka akan mengurangi tingkat akurasi dari senapan angin.
  • Jadi pada intinya perpaduan dari faktor bahan pembuat laras, keseragaman diameter laras, kelangsaman twist, keseragaman groove dan rel land juga halusnya land serta stiffness yang sempurna akan membuat laras menjadi akurat.

Menurut penjelasan para ahli ternyata ukuran panjang laras tidak berpengaruh secara langsung terhadap akurasi laras senapan angin. Panjang laras berpengaruh pada velocity. Apabila panjang laras optimal yang sesuai dengan kapasitas power plantnya membuat peluru dapat berakselerasi dengan sempurna sebelum keluar dari ujung laras. Pada senapan angin, jumlah groove yang banyak dan juga kerapatan twist tidak terlalu diperlukan karena peluru senapan angin yang bentuknya diablo menyebabkan kestabilan terbangnya tidak semata-mata bergantung pada cepatnya putaran peluru melainkan ditopang juga oleh bentuk peluru yang bentuknya diablo. Oleh sebab itu senapan angin tetap saja akurat walaupun velocitynya rendah.

Demikian sedikit penjelasan tentang kelebihan an kekurangan yang diliki oleh laras yang mempunyai jumlah alur yang berbeda-beda. Salam satu laras.

Semoga dengan adanya artikel ini, anda tidak salah dan ragu lagi ketika akan membeli senapan angin yang anda butuhkan. Jika anda berminat untuk membeli senapan dengan laras yang TOP, maka saya rekomendasikan anda membelinya di Senapan123.com atau seller-seller resmi Senapan123. Karena senapan 123 hanya menjual senapan-senapan berkualitas. Happy Shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here