LARAS SENAPAN ANGIN YANG IDEAL

2
9255

Salah satu komponen dari senapan angin yang penting adalah Laras. Semakin bagus laas senapan anda semakin mantap pula jika dipakai untuk berburu. Tapi bagaimana caranya kita bisa tahu laras senapan angin yang ideal? Apa saja kriterianya?. Pertanyaan-pertanyaan tadi pasti akan muncul disaat anda membeli senapan. Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, saya akan memberikan beberapa penjelasan dibawah ini.

A. Laras Senapan Angin Lokal Terbaik

Spesifikasi dari laras senapan angin yang terbaik adalah harus mempunyai daya tahan bahan yang awet juga mempunyai daya akurasi terbaik.  Adapun beberapa kriteria yang harus kita ketahui mengenai laras senapan angin agar disaat membeli kita tidak salah memilih. Inilah beberapa kriteria laras senapan angin yang ideal :

  • Bahan Laras Senapan Angin

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih bahan untuk membuat laras senapan angin adalah bahan yang mudah dibentuk karena dengan begitu maka pengrajin akan lebih mudah dalam membuatnya. Selain itu laras senapan juga harus daya tahan yang baik. Jika tidak maka laras anda akan mudah rusak karena pemakaian yang terus menerus dan menyebablan bagian alur laras terkikis dan semakin tipis.

  • Alur Laras Senapan Angin

Bentuk alur yang ideal pada senapan angin adalah alur yang berbentuk memutar sambung menyambung juga tidak ada gelombangnya.  Fungsi dari putaran alur adalah untuk memutar peluru ketika didorong oleh angin dari tabung senapan. Sedangkan fungsi dari alur adalah sebagai rel atau jalur utama bagi peluru supaya bisa melesat lurus menuju sasaran.

Akurasi dan daya robek peluru sangat dipengaruhi oleh berapa banyak jumlah  putaran dan jumlah alur yang terdapat di senapan angin. Hal itu dikarenakan semakin banyak jumlah putaran alur maka gaya gesek yang ditimbulkan antara laras senapan angin dengan peluru jadi semakin besar. Dan jika jumlah alur pada laras semakin banyak maka gaya gesek peluru dengan alur jadi semakin besar.

Contoh Alur Laras Yang Ideal :

Ketika kita berburu dan binatang yang kita incar adalah hewan yang memerlukan daya robek yang besar, maka yang kita perlukan adalah alur dan putaran alur dengan jumlah yang sedikit. Mengapa demikian ? Karena peluru akan mudah melesat dan daya sobeknya menjadi makin besar jika semakin sedikit gaya gesek yang dihasilkan oleh alur atau putaran alur. Berbeda jika kita akan berburu binatang dimana untuk mendapatkannya hanya memerlukan akurasi , maka laras yang digunakan adalah laras yang mempunyai jumlah alur dan putaran yang lebih banyak supaya kecepatan peluru jadi lebih akurat.

  • Panjang Laras Senapan Angin

Jika anda ingin mendapatkan akurasi terbaik pada laras senapan angin anda , maka hal yang perlu diperhatikan selain jumlah alur dan putaran, ukuran panjang laras juga sangat mempengaruhi. Jika tingkat akurasinya bagus maka laras yang digunakan harus semakin panjang. Begitu pula sebaliknya, jika ukuran lara diperpendek maka tingkat akurasinya juga berkurang atau tidak terlalu bagus. Laju peluru akan jadi semakin cepat mengikuti jalur yang ada pada panjang alur laras senapan angin yang memiliki laras yang panjang dan akan menjadikan tingkat akurasi dari senapan angin menjadi lebih baik.

  • Diameter Laras Senapan Angin

Untuk diameter lingkaran laras senapan angin terdirir atas 2 ( dua ) bagian, yaitu diameter untuk lubang laras dan diameter untuk bagian luar. Adapun yang menentukan berapa kaliber ukuran peluru yang harus digunakan adalah diameter lubang laras, sedangkan yang menentukan kekuatan dari daya lengkung juga getaran yang ada di laras senapan angin adalah diameter bagian luar laras senapan angin.

  • Diameter lubang laras

Peluru yang sedang beredar di pasaran memiliki spesifikasi dan ukuran yang berbeda – beda. Misalnya senapan angin kita ukuran kalibernya 4,5 mm maka untuk ukuran peluru yang akan kitagunakan adalah peluru kaliber 4,5 mm. Oleh karena itu ukuran dari diameter laras senapan angin harus sesuai dengan ukuran kaliber peluru yang akan dipakai.

Mengapa ukuran peluru harus sama dengan ukuran diameter lubang laras?  Itu karena agar supaya peluru dapat masuk ke lubang laras, misalnya ukuran diameter lubang laras adalah 4,5 mm maka ukuran peluru yang digunakan adalah kaliber 4,5 mm. Lain halnya dengan diameter alur pada laras senapan angin,  biasanya  ukuran diameter alur laras senapan angin  lebih kecil daripada diameter lubang laras senapan angin, itu karena agar supaya pada saat badan peluru dilesatkan dapat dicengkeram oleh alur laras senapan angin.

Salah satu faktor yang mempengaruhi akurasi dan daya sobek yang dihasilkan senapan angin adalah ukuran diameter alur pada lubang laras senapan angin. Daya cengkeram peluru akan semakin kuat apabila diameter alur lubang laras pada senapan angin dibentuk dengan ukuran yang mengecil. Maksudnya adalah akurasi menjadi semakin baik jika daya cengkeramnya semakin kuat, tetapi daya sobek yang dihasilkan oleh peluru jadi semakin kecil karena gaya gesek yang dihasilkan jadi bertambah besar.

  • Diameter Luar Laras

Selain ukuran diameter lubang laras senapan angin yang menentukan kekuatan laras senapan angin, ukuran diameter yang ada di bagian luar laras senapan angin juga berperan penting dalam menentukan kekuatan dari laras senapan angin. Misalnya ukuran diameter bagian luar laras adalah 16 mm, ukuran lubang laras senapan angin adalah 4,5 mm, maka ukuran ketebalan dari laras senapan angin haruslah 11,5 mm. Berbeda jika ukuran diameter lubang dengan ukuran diameter luar laras adalah sama ( misal 13 mm ) maka ukuran ketebalan laras senapan angin harus yang memiliki tebal 8,8 mm. Oleh karena itu kekuatan daya lengkung laras senapan angin jadi terjamin jika ukuran ketebalan laras senapan angin juga besar ( lebih tebal ), dan kekuatan senapan angin akan semakin berkurang jika laras senapan berukuran tipis.

Daya getar laras senapan angin selain ditentukan oleh diameter luar laras juga ditentukan oleh faktor kekuatan laras senapan angin. Getaran yang besar akan terasa pada saat senapan angin ditembakkan, dan getaran tersebut akan mempengaruhi tingkat akurasi tembakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat akurasi sebuah senapan angin akan jauh lebih bagus jika daya getar yang dihasilkan oleh senapan angin semakin kecil karena tingkat ketebalan dari laras senapan angin cukup tebal.

Demikian sedikit pengetahuan yang dapat saya bagikan kepada sobat bedhilers, semoga dengan penjelasan diatas maka kita jadi sama – sama tahu mengenai bagaimana spesifikasi dari laras senapan angin yang baik untuk kebutuhan kita. 

Semoga dengan adanya artikel ini, anda tidak salah dan ragu lagi ketika akan membeli senapan angin yang anda butuhkan. Jika anda berminat untuk membeli senapan dengan laras yang TOP, maka saya rekomendasikan anda membelinya di Senapan123.com atau seller-seller resmi Senapan123. Karena senapan 123 hanya menjual senapan-senapan berkualitas. Happy Shopping.

2 KOMENTAR

    • Boleh pak, bisa hubungi nomor dibawah ini untuk informasi lengkapnya :
      081358161789
      081217787889
      082287998797

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here