TEKNIK BERBURU BURUNG TEKUKUR

0
1588

Binatang yang satu ini termasuk dalam salah satu binatang yang boleh diburu. Tetapi untuk dapat membidik binatang yang satu ini diperlukan teknik dan juga skill tertentu. Sebelum kita membahas teknik  yang dapat kita gunakan untuk memburu burung tekukur maka sebaiknya kita kenali terlebih dahulu calon target kita. Burung tekukur adalah sejenis burung merpati yang temasuk dalam familiar columbiade. Bentuk fisik dari burung  tekukur ini mirip dengan burung merpati. Dan inilah beberapa teknik bagaimana cara berburu burung tekukur diantaranya :

Teknik pertama

Sebelum pergi berburu maka sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu sifat dari burung tekukur. Burung  tekukur  termasuk  binatang yang dekat dengan manusia. Jarak yang ada antara manusia dengan burung tekukur bisa sedekat 10 meter. Hal tersebut dikarenakan burung tekukur belum pernah diburu dengan menggunakan senapan angin sehingga burung tekukur ini bisa dengan tenangnya bertengger di dahan pohon tanpa takut pada manusia. Berbeda dengan daerah yang burung tekukurnya sudah banyak diburu dengan menggunakan senapan angin yang indra penglihatannya jadi sangat peka. Berikut ini adalah beberapa jarak tembak ketika kita sedang berburu burung tekukur beserta tekhnik memburunya antara lain:

  • Pada Jarak 5 meter hingga Jarak 20 meter.

Jarak 5 meter sampai jarak 20 meter adalah jarak yang sangat digemari semua pemburu burung tekukur apalagi jika kita memakai ghillie suit atau baju kamuflase maka burung tekukur akan mendekat. Dan setelah burung tekukur berada pada jarak 5 meter sampai 20 meter sebaiknya kita memakai teknik berburu yaitu :

Posisi menembak

Kita bisa mengambil posisi menembak yaitu berdiri atau jongkok. Tetapi apabila kita menggunakan teleskop maka jarak sperti ini akan menyulitkan dikarenakan terlalu dekat dan akhirnya hasil yang ada di teleskop akan menjadi blur akibat dari zoom yang terlalu besar.

Jenis peluru

Untuk membidik dengan jarak sedekat ini maka semua jenis peluru bisa saja digunakan dikarenakan akurasi dari ketepatan peluru tidak akan bergeser terlalu jauh.

Arah angin

Angin yang berhembus tidak dapat mempengaruhi hasil tembakan pada jarak sedekat ini. Karena tekanan angin yang besar mampu melontarkan peluru dengan keras yang membuat peluru akan mengenai target tanpa terlalu banyak pergeseran yang biasanya disebabkan oleh angin.

  • Pada Jarak 20 meter sampai  Jarak  40 meter.

Apabila jarak berburu kita dengan target yaitu burung tekukur sekitar 20 meter sampai jarak 40 meter maka sebaiknya gunakan tekhnik berikut ini :

Posisi menembak

Pada jarak seperti ini maka posisi yang bagus untuk membidik target adalah berdiri atau jongkok bahkan dan akan lebih baik menggunakan penyangga jika jaraknya lebih dari 30 meter sampai 40 meter. Tetapi hal tersebut bergantung juga pada panjang laras senapan angin yang digunakan. Apabila alur yang terdapat di dalam laras bagus, meskipun jarak target jauh peluru masih tetap bisa grouping dengan bagus. Dan bagi penembak yang  memakai teleskop maka jarak jauh tidak terlalu berpengaruh dikarenakan target akan tetap terlihat dengan jelas. Tetapi bagi penembak yang memakai visir pada jarak seperti ini akan terasa menyulitkan dikarenakan target akan terlihat lebih kecil terutama bila posisi burung tekukur berada di semak belukar ataupun di dahan pohon yang rindang.

Jenis peluru

Pada jarak yang lebih dari 20 meter maka sebaiknya menggunakan peluru yang mutunya bagus dikarenakan pada jarak ini peluru akan mempengaruhi akurasi ketepatan peluru. Mutu dari peluru sangat mempengaruhi hasil tembakan apabila jarak tembak lebih dari 20 meter, tetapi hal tersebut tidak melulu tergantung pada jenis peluru , laras senapan angin juga sangat berpengaruh pada hasil tembakan. Apabila kita sudah memakai peluru yang bagus tetapi laras senapan anginnya mempunyai alur yang tidak akurat maka percuma saja. Jadi laras dan juga jenis peluru sangat menentukan hasil tembakan pada jarak yang lebih dari 20 meter.

Arah angin

Untuk menembak pada jarak sejauh ini maka arah angin cukup mempengaruhi hasil tembakan. Semua itu dikarenakan tekanan angin yang keluar akan berkurang kekuatannya ketika mencapai jarak lebih dari 30 meter yang menyebabkan pergeseran peluru oleh karena adanya angin. Oleh karena itulah apabila menembak pada jarak yan lebih dari 20 meter sebaiknya anda harus dapat memperkirakan dimana arah peluru akan jatuh. Pakailah aplikasi yang bisa memperkirakan arah jatuhnya peluru dengan cara menghitung arah angin  sehingga hasil tembakan kita tidak jadi sia-sia.

  • Pada Jarak 40 meter sampai Jarak 60 meter.

Untuk menembak burung tekukur pada jarak sejauh ini maka sebaiknya memakai teknik berikut ini :

Posisi menembak

Posisi yang bagus untuk menembak burung tekukur pada jarak sejauh ini adalah dengan menyenderkan senapan angin pada sebatang pohon atau bisa juga memakai penyangga. Laras senapan angin juga mempengaruhi hasil tembakan pada jarak yang sejauh ini. Apabila laras yang ada di senapan angin bagus maka meskipun jaraknya jauh tetapi peluru tetap bisa grouping dengan bagus. Apabila kita menggunakan teleskop maka pakailah zoom yang paling besar agar terlihat detail dimana peluru akan jatuh.  Tetapi apabila pemburu yang memakai visir pada jarak sejauh ini tidak terjamin untuk bisa mendapatkan hasil buruan terkecuali dilakkukan oleh pemburu yang telah ahli menggunakan visir.

Jenis peluru

Untuk menembak pada jarak yang lebih dari 40 meter ini maka sebaiknya pakailah peluru yang spesifikasinya adalah berat dikarenakan dapat berpengaruh pada akurasi ketepatan peluru. Dan grouping pada jarak sejauh ini bisa saja 2 cm sampai 5 cm. Penetrasi ke target juga biasanya akan berkurang dikarenakan tekanan peluru menuju target telah dihalangi oleh angin juga faktor tekanan angin yang berasal dari senapan angin.

Arah angin

Arah angin sangat berpengaruh pada akurasi tembakan untuk jarak yang melebihi  dari 40 meter. Tekanan angin yang keluar sebagai pendorong peluru akan jadi menurun yang membuat peluru jadi bergeser dikarenakan oleh pengaruh angin. Apalagi sekitar pukul 12 siang sampai pukul 17 sore, pada jam seperti itu angin laut bertiup kencang dan dapat menghempaskan peluru. Grouping yang terjadi pada angin yang berhembus kencang bisa sangat besar yaitu sekitar 20 cm bahkan lebih.

Teknik Kedua

Pakailah tiruan dari suara burung tekukur untuk memancing burung tekukur supaya mendekat.  Burung tekukur akan tertarik apabila mendengar suara burung tekukur yang lain. apabila burung tekukur sudah mendekat maka anda dapat membidiknya.

Teknik ketiga

Teknik yang ini akan terasa menyenangkan karena kita melakukan penyamaran dengan menggunakan topi warna coklat atau bisa juga menggunakan tudung petani. Selain menggunakan topi kita juga harus memakai baju yang berwarna gelap agar disaat kita mendekati burung tekukur tidak merasa ketakutan ataupun curiga. Dengan memakai aksesori seperti ini biasanya kita dapat mendekati burung tekukur sampai jarak sedekat 15 meter sampai 25 meter. Tetapi apabila kita melepaskan topi atau tudung petani tadi maka jarak yang kita dapat untuk mendekati burung tekukur adalah 40 meter. Oleh karena itu gunakanlah tudung petani tadi agar kita dapat mendekati burung tekukur sedekat mungkin tanpa membuat burung tekukur ketakutan dan kabur.

Demikian beberapa teknik atau trik yang dapat saya berikan ketika akan berburu burung tekukur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam satu laras.

Demikian sedikit penjelasan dari saya, semoga artikel ini dapat menjadi pertimbangan anda sebelum membeli senapan angin. Jika anda berminat untuk membeli senapan yang TOP, maka saya rekomendasikan anda membelinya di Senapan123.com atau seller-seller resmi Senapan123. Karena senapan 123 hanya menjual senapan-senapan berkualitas. Happy Shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here