TIPS AND TRICK MEMILIH TELESKOP

0
598

Sudah menjadi rahasia umum bahwa suatu barang yang kualitasnya bagus pasti harganya mahal seperti kata pepatah jawa yang mengatakan “ rego gowo rupo “ artinya harga membawa kualitas. Tetapi tidak semua barang yang sesuai kriteria kita harus yang berharga mahal, contohnya kita membeli teleskop yang harganya mencapai jutaan rupiah dan dapat dipasangkan pada semua senapan angin tetapi teleskop mahal tersebut belum tentu dapat dipasangkan pada senapan angin jenis gejluk kita.

Hal tersebut adalah pembuktian bahwa barang yang harganya mahal belum tentu sesuai dengan keperluan dan kriteria kita. Di artikel ini saya tidak akan membahas tentang seberapa mahal harga sebuah teleskop, saya akan membahas bagaimana cara kita disaat memilih teleskop yang baik dan benar sehingga kita dapat menentukan teleskop mana yang sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut yang harus diperhatikan ketika memilih teleskop antara lain :

  • Segi Lensa

Bagian yang utama dari sebuah  teleskop senapan angin adalah lensa dikarenakan peranannya yang sangat penting. Jika anda hendak membeli teleskop maka yang harus diperhatikan pertama kali adalah struktur dari lensa yaitu lensa harus jernih, tidak blur dan juga mempunyai titik fokus yang bagus. Disaat hendak memilih teleskop maka cobalah terlebih dahulu dengan melihat taget menggunakan teleskop tersebut.

Apabila disaat kita menggunakan teleskop tersebut mata anda terasa tegang dan lelah atau bahkan disaat anda menggunakan teleskop tersebut target jadi terlihat buram atau tidak jelas. Jika hal-hal tadi anda alami saat memakai teleskop, itu menandakan kalau lensa teleskop tersebut tudak bagus. Apabila anda memakai teleskop dengan lensa yang jelek, maka lama kelamaan itu akan merusak indera penglihatan anda. Bisa jadi teleskop yang anda beli adalah sebuah teleskop yang cacat atau produk gagal.

  • Segi Bahan atau Body

Sebuah teleskop yang bagus pasti mempunyai tabung yang terbuat dari bahan yang mutunya juga bagus, misalnya kuningan, alumunium alloy ataupun bahan lain yang bermutu. Selain itu teleskop senapan angin yang berkualitas mempunyai kontur yang tebal supaya nampak lebih pekasa kokoh dan juga kuat karena kontur seperti itu tidak gampang penyok ketika dipasangkan dengan mounting yang tekananya sangat kuat.

Untuk mengetahui apakah tabung dari teleskop yang akan kita beli itu berkualitas bagus caranya adalah dengan menyentilnya menggunakan jari tangan kita ataus gunakan benda yang non logam. Dengarkan bunyinya untuk mengetahui tebal tipisnya bahan tabung.

  • Segi Turret

Untuk hal selanjutnya yang perlu kita perhatikan ketika membeli teleskop adalah turetnya. Turet yang bagus dari sebuah teleskop senapan angin adalah yang tidak gampang goyah disaat kita mencobanya dengan cara menggoyahkannya. Apabila turet dari sebuah teleskop senapan angin mudah goyah itu menandakan kalau settingan pada teleskop tersebut juga jadi labil atau tidak stabil.

Sebuah turet dan rumah tuert  teleskop yang bagus biasanya terbuat dari bahan kuningan chrom atau juga dari alumunium yang bagus, bukannya dari bahan babet. Jika turret terbuat dari bahan selain kuningan dan alumunium maka akan jadi cepat aus selain itu bahan tersebut akan gampang patah.

  • Segi Pengatur Dioptri (-/+)

Letak daripada dioptrei teleskop senapan angin biasanya terletak pada bagian belakang dari teleskop tersebut. Bagaimana cara mengetahui  apakah dioptri sebuah teleskop tersebut bagus atau tidak. Pertama-tama putarlah terlebih dahulu dioptri ke arah kiri yang berlawanan dengan arah jarum jam. Dan setelah diputar maka cobalah untuk menggoyangkan bagian itu dan ketika digoyang  trus ternyata bagian tersebut terasa kocak itu menandakan kalau teleskop nantinya akan jadi tidak stabil posisi bayangan objeknya jika suatu saat teleskop terkena atau juga disentuh di bagian belakangnya. Berbeda lagi dengan teleskop yang bagus. Teleskop yang bagus mempunyai sistem kuat dan juga tidak akan goyang atau kocak di bagian yang telah disebutkan tadi.

  • Segi Cincin Zoom.

Cara untuk mengetahui apakah cincin zoom teleskop yang akan kita beli itu baik atau tidak adalah dengan cara diputar bagian cincin zoom dimulai dari angka yang paling kecil sampai angka yang paling besar . putarlah secara berulang kali dan rasakan.  Apakah putaran tersebut terasa ringan, terlalu ringan atau terasa berat seperti tersangkut sesuatu.  Jika saat diputar terasa nyaman, tidak terasa terlalu ringan atau tidak terasa terganjal maka cincin zoom teleskop tersebut bagus.

Apabila saat diputar dan dirasa terlalu ringan hal tersebut menandakan kalau tabung dari lensa zoom pada bagian dalamnya longgar atau spacenya terlalu besar dan dapat membuat titik terget crosshair/reticle dengan object/target dapat berubah. Apabila terlalu berat bisa saja dikarenakan disaat pembuatan tabung dalamnya itu terlalu kasar atau tidak rapi.

Demikian sedikit tips dan trik tentang cara memilih teleskop senapan angin yang bermutu yang dapat saya bahas pada artikel kali. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat bedhilers. Salam satu laras.

Demikian sedikit penjelasan dari saya, semoga artikel ini dapat menjadi pertimbangan anda sebelum membeli senapan angin. Jika anda berminat untuk membeli senapan serta aksesoris yang TOP, maka saya rekomendasikan anda membelinya di Senapan123.com atau seller-seller resmi Senapan123. Karena senapan 123 hanya menjual senapan-senapan berkualitas. Happy Shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here