TIPS MEMAKAI SENAPAN ANGIN GEJLUK

0
303

Salah satu komponen yang harus ada ketika kita hendak berburu adalah senapan angin. Bagi kalangan orang yang suka berburu maka sudah tidak akan asing lagi dengan kata senapan angin. Dengan semakin berkembangnya jaman, model dan jenis senapan angin pun semakin banyak jumlahnya dengan ini para pemburu mempunyai beragam pilihan senapan untuk memenuhi hobinya.

Bagi penggemarnya , kegiatan berburu merupakan suatu hal yang sangat meyenangkan sampai kapanpun walaupun terkadang berburu terasa menjengkelkan disaat buruan tidak diketemukan.

Jenis senapan angin yang digunakan ketika berburu sangat mempengaruhi hasil buruan yang akan kita dapatkan. Kualitas senapan angin yang bagus akan membuat kegiatan berburu anda jadi lebih menyenangkan, lain halnya jika kualitas senapan angin anda tidak terlalu bagus maka akan membuat suasana hati anda terasa tidak nyaman dikarenakan banyaknya kendala yang ada pada senapan angin anda.

Kini produsen yang memproduksi senapan angin mulai bermunculan dimana-mana, semua saling bersaing dengan ketat untuk mendapatkan tempat terbaik di hati konsumen atau saling bersaing untuk menjadi produsen yang terbaik di pasaran. Banyak penggemar senapan angin yang mengira kalau senapan angin buatan luar negeri atau import kualitasnya lebih baik daripada senapan angin buatan lokal. Padahal pendapat mereka itu tidak benar, karena senapan angin buatan lokal yang jenisnya  banyak sekali dan berkualitas bagus misalnya senapan angin jenis gejluk.  

Senapan angin buatan lokal yaitu yang lebih spesifik adalah senapan angin gejluk mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri. Senapan angin gejluk ini memanfaatkan pompa kaki untuk mengisi angin. Senapan angin gejluk ini dirancang untuk memudahkan pemakai disaat menggunakannya dan juga mempermudah perawatannya. Senapan angin gejluk adalah pengembangan dari senapan angin jenis pompa tangan yang berkaliber 4,5 mm dan telah mengalami beberapa tahap modifikasi sebagai jawaban terhadap kebutuhan pemakai senapan angin gejluk ini.

Senapan Angin Black Panter

Senapan angin gejluk merupakan produk yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan para pemburu yang menginginkan senapan angin berkualitas dan harganya murah. Senapan ini dapat menghasilkan banyak tembakan hanya dengan sekali pompa tergantung dari padatnya tekanan angin yang ada di dalam tabung senapan angin. Apabila anda menggunakan senapan angin jenis ini maka akan meringankan beban bawaan anda ketika berburu dikarenakan senapan angin jenis ini tidak memerlukan pompa tambahan sehingga tidak perlu takut akan kehabisan angin ketika berburu.

Senapan angin gejluk ini terbuat dari bahan yang berkualitas mulai dari popornya yang terbuat dari bahan kayu sono kualitas nomor satu. Senapan angin gejluk pengerjaannya tidak dilakukan secara massal sehingga bentuknya sangat rapi . Pengerjaan dari senapan angin gejluk ini lebih kepada pengerjaan yang memakai kerajinan daripada produksi pabrik.

Istilah gejluk yang berasal dari bahasa jawa yang artinya cara mengisi angin pada senapan angin ini memakai cara digejluk ketika akan mengisi angin. Senapan angin gejluk ini menggunakan sistem manual (digejluk) dan dapat juga memakai pompa samping ataupun pemompaan tangan.

Senapan angin gejluk pada umumnya menggunakan sistem knock open valve pada sistem mekanisme disaat terjadinya perpindahan daya pada tekanan udara. Sistem knock open valve sangat bermanfaat untuk mengukur besarnya tekanan udara yang akan digunakan untuk mendorong peluru keluar melalui laras. Senapan angin gejluk ini dilengkapi dengan mekanisme tegangan dan juga regangan per, selain itu gigi rack juga digunakan pada senapan angin gejluk ini sehingga besar kecilnya daya yang dipakai dapat diatur sesuai dengan kebutuhan si pengguna.

Senapan angin jenis ini banyak dipergunakan oleh masyarakat yang menjaga atau mempunyai tanaman sawit dan juga karet dari berbagai serangan hama berupa babi hutan dan beberapa binatang pengganggu lain. senapan angin gejluk banyak dipakai untuk memburu binatang yang besar sebab senapan angin jenis ini mempunyai pressure yang bagus apabila dipakai untuk menumbangkan binatang pengganggu yang ukuran tubuhnya lumayan besar. Sistem kerja atau mekanisme pemompaan yang ada pada senapan angin gejluk ini dapat memungkinkan tekanan udara disaat pengisian angin pada tabung sehingga pressurenya jadi lebih tinggi yang membuat senapan angin gejluk menjadi sangat tepat dipakai untuk penggemar senapan angin medium game.

Senapan angin gejluk ini termasuk dalam senapan angin multi shoot oleh karena itu banyaknya tembakan bergantung pada seberapa seringnya tarikan tinggi yang digunakan. Apabila semakin sering kita memakai tarikan tinggi maka udara jadi semakin cepat berkurang tekanannya.

Senapan angin gejluk mempunyai beberapa macam model dan jenis. Tetapi meskipun senapan angin gejluk ini mempunyai beberapa macam model dan jenis tetapi cara pemakaiannya tetap saja sama. Di artikel ini saya akan coba meenjelaskan beberapa tips untuk mempergunakan senapan angin gejluk ini agar anda tidak kebingungan disaat hendak memakainya. Beberapa tips nya antara lain :

  • Ketika senapan angin gejluk anda masih baru alias baru saja datang dari paketan maka hal yang harus dilakukan pertama kali adalah senapan angin dipompa terlebih dahulu. Hal tersebut dikarenakan senapan angin yang baru datang  isi tekanan anginnya hanya sekitar 200 sampai 300 kali pompa.
  • Pompalah senapan angin gejluk anda sampai jarum pada manometernya menunjukkan angka maksimal( biasanya angka maksimal 3000 psi ). Kemudin pergunakan untuk menembak dengan tarikan gigi yang terkecil lebih dahulu dikarenakan senapan angin yang masih baru.
  • Selalu pastikan supaya senapan angin gejluk anda tidak sampai kehabisan angin sehingga tidak menyebabkan kebocoran.
  • Ketika hendak memasukkan peluru maka usahakanlah untuk mendorongnya dengan keras sampai peluru benar berada di dalam chamber dan kemudian dikunci. Hal tersebut adalah menjaga agar peluru tidak terbalik dan apabila dorongan tidak benar-benar kuat maka akan menyebabkan peluru jadi macet dan akhirnya tidak dapat dipakai untuk menembak.
  • Pakailah peluru dengan ukuran kaliber 4,5 mm dan kalau bisa jangan memakai ukuran peluru yang lebih besar dari 4,5 mm karena ditakutkan akan merusakkan pada bagian lup terkecuali senapan angin anda sudah dipakai selama beberapa bulan.
  • Oleskan minyak pelumas di beberapa bagian yang mungkin kering sehingga harus diberikan pelumas. Hal tersebut dilakukan agar senapan angin gejluk anda tidak cepat aus dan ketika senapan angin dipompa tetap terasa ringan atau tidak berat.
  • Apabila anda memakai peredam pada senapan angin maka pastikan kalau posisi peredam dalam keadaan yang sudah center atau posisi selaras dengan senapan angin agar supaya posisi peredam tidak mempengaruhi akurasi tembakan.
  • Pastikan kondisi senapan angin anda tidak dalam keadaan aktif ketika sedang tidak digunakan.
  • Ketika senapan angin gejluk mengalami kerusakan dan ternyata anda tidak dapat memperbaikinya maka segera bawalah senapan angin gejluk anda ke tempat yang khusus menservis senapan angin.
  • Jika menaruh senapan angin usahakan untuk ditaruh pada tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak.
  • Disaat kita sedang berburu ataupun disaat hanya sekedar melakukan testing pada senapan angin gejluk maka pastikan terlebih dahulu kalau senapan angin kita terisi angin. Senapan angin gejluk ini tidak boleh sampai kehabisan angin karena senapan angin gejluk ini sangat rentan terjadi kebocoran.

Demikianlah beberapa tips bagaimana cara menggunakan senapan angin gejluk yang baru agar senapan angin tetap awet dan tidak terjadi kebocoran yang akan merugikan kita. Semoga apa yang telah saya sampaikan bermanfaat bagi sobat bedhilers. Salam satu laras.

Semoga dengan adanya artikel ini, anda tidak salah dan ragu lagi ketika akan membeli senapan angin yang anda butuhkan. Jika anda berminat untuk membeli senapan dengan laras yang TOP, maka saya rekomendasikan anda membelinya di Senapan123.com atau seller-seller resmi Senapan123. Karena senapan 123 hanya menjual senapan-senapan berkualitas. Happy Shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here