TIPS MEMILIH LARAS SENAPAN ANGIN

0
381

Kadang kala muncul pertanyaan di kalangan penggemar  senapan angin, apakah ciri – ciri laras senapan angin yang bagus ketika kita hendak memodifikasi ulang senapan angin. Selalu timbul pertanyaan tentang merk yang akan kita pakai. Apakah merk A atau merk B, dan ukuran panjangnya. Hal itu dikarenakan banyaknya jenis laras senapan angin yang ada diproduksi di Indonesia juga ragam laras senapan angin yang ada,mulai dari laras senapan angin yang baru sampai laras senapan angin yang bekas.

Komponen utama untuk senapan angin adalah laras yang terdapat alur (berbentuk seperti spiral) didalamnya. Apabila alur dari laras senapan angin rusak ataupun kotor maka senapan angin kita tidak akan zeroing dan akan meleset atau tidak mengenai sasaran jika dipakai untuk menembak .

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, maka saya akan mencoba untuk membahas bagaimana cara memilih laras senapan angin dan bagaimana cara melihat kondisi laras senapan angin yang biasa dilakukan sebagai dasar bagi kita sebagai penggemar senapan angin. Mari kita simak bersama – sama.

Langkah pertama adalah :

  • Kita siapkan dulu alumunium foil.
  • Bentuk alumunium foil sesuai dengan lubang pada laras senapan angin kita. Kemudian potong ujungnya seperti segitiga agar dapat dimasukkan ke lubang laras senapan angin.
  • Selanjutnya memasukkan pucuk dari aluminium foil pada ujung dari laras senapan angin dengan bagian yang mengkilap (yang berwarna emas) di atas.
  • Sediakan senter kemudian arahkan sinar senter ke bagian atas aluminium foil. Jadi pantulan dari sinar senter dapat masuk ke lubang laras sehingga akan terlihat alur laras senapan angin dengan cara mengintipnya melalui lubang laras yang disenter tadi.

Cara seperti ini adalah untuk mengetahui apakah alur laras senapan angin kita mengalami kerusakan atau mungkin terdapat kotoran di dalamnya. Alur laras senapan angin yang biasa mengalami kerusakan adalah yang bahannya dari besi baja. Itu semua dikarenakan jika bahan yang dari besi baja jika lama tidak digunakan atau tidak dirawat maka alur laras senapan angin akan menjadi berkarat yang menyebabkan alur rusak.

Jika tidak ada senter maka kita dapat memanfaatkan alam yaitu paparan sinar matahari. Cara yang dilakukan sama dengan jika kita menggunakan senter hanya perbedaannya dilakukan di luar ruangan yang terkena sinar matahari secara langsung.

Langkah kedua adalah :

  • Siapkan peluru yang sesuai dangan kaliber senapan angin untuk mengetes terjadi ke-aus-an atau tidaknya pada laras senapan angin.
  • Pada laras bekas yang sudah aus di lubang laras, tekanan angin atau gasnya akan berkurang. Dari kurangnya tekanan angin tersebut mempengaruhi kecepatan peluru, sebab angin atau gas menerobos dari celah alur yang sudah aus.

Cara mengetahui aus dan tidak laras senpan angin dapat dilakukan dengan cara kita masukkan peluru yang berukuran sesuai dengan kaliber senapan angin, misalnya ukuran laras senapan angin kita adalah kaliber 4,5 mm maka peluru yang di gunakan adalah peluru 4,5mm.

  • Langkah yang dilakukan adalah memasukkan separuh badan peluru pada laras senapan angin maka akan terlihat renggang atau tidaknya laras senapan angin. Jika peluru tadi masuknya mudah itu artinya laras senapan angin sudah renggang atau aus. Oleh karena jika lubang laras senapan angin tidak renggang , maka peluru yang dimasukkan ke dalam laras harusnya sesak.

Langkah ketiga adalah :

  • Lepaskan dahulu laras yang akan dicek dari senapan angin.
  • Sediakan sebatang bambu yang ukurannya 10 cm lebih panjang daripada laras. Kemudian raut bambu sampai dapat masuk ke dalam laras senapan angin (rautlah bambu dengan ukuran agak kecil dan rapi atau halus agar alur tidak tergores).
  • Ambillah satu buah peluru yang berukuran  sama dengan ukuran kaliber senapan angin lalu masukkan peluru pada pangkal laras senapan angin secara penuh dengan bambu.  Cara memasukkan peluru adalah dengan mendorongnya secara perlahan mengikuti alur laras senapan angin dengan dorongan memutar. Jika peluru yang kita dorong sampai ujung laras senapan angin tidak ada hambatan maka aluir senapan angin normal. Tetapi jika di tengah terasa mengganjal atau longgar artinya laras senapan angin kita tidak bagus. Jika hal itu terjadi maka sebaiknya anda ganti saja laras yang rusak tadi dengan laras yang bagus.

Demikianlah sedikit ilmu yang dapat saya bagikan kepada teman-teman tentang cara memilih dan mengecek laras senapan angin. Semoga apa yang saya jabarkan dapat bermanfaat bagi sobat bedhilers. Salam satu laras.

Semoga dengan adanya artikel ini, anda tidak salah dan ragu lagi ketika akan membeli senapan angin yang anda butuhkan. Jika anda berminat untuk membeli senapan dengan laras yang TOP, maka saya rekomendasikan anda membelinya di Senapan123.com atau seller-seller resmi Senapan123. Karena senapan 123 hanya menjual senapan-senapan berkualitas. Happy Shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here