TIPS MEMILIH MIMIS UNTUK SENAPAN ANGIN

0
749

Proyektil (pellet) atau yang biasa di sebut mimis adalah peluru yang diperuntukan untuk pengguna senapan angin. Mimis dapat ditembakkan melalui laras dengan memanfaatkan tekanan angin. Pada umumnya mimis terbuat dari timah yang terdiri dari 3 bagian yaitu kepala mimis, pinggang dan rok. Sama halnya dengan kok pada bulutangkis mimis, kepala mimis adalah bagian yang paling berat karena bentuknya yang solid. Sedangkan untuk bagian rok berfungsi untuk penangkap (isolator) angin yang ditembakkan.

Jenis mimis yang diizinkan dan umum digunakan di kalangan bedhilers adalah mimis yang berkaliber 4,5 mm. Mimis ringan yang beratnya kurang dari 10 grain tidak disarankan untuk digunakan pada senapan yang meliki kecepatan tinggi (di atas 800 fps). Kecepatan yang tinggi ini bisa menyebabkan mimis yang ringan mengalami perubahan bentuk diudara dan menyebabkan lajunya akan tidak stabil.

Di indonesia sendiri ada 2 jenis mimis yang beredar yaitu mimis impor dan mimis lokal. Lantas apa perbedaan mimis impor dan mimis lokal? Perbedaan utamanya terletak pada kualitas dan finishingnya. Yakni mimis impor dicetak dengan mesin-mesin modern berteknologi tinggi yang nantnya menghasilkan mimis dengan bentuk halus  dan sempurna selain itu sebelum dipacking mimis impor sudah melawati kontrol kualitas yang ketat. Sedangkan pada mimis lokal,  biasanya timah yang digunakan kurang berkualitas dan tidak diberi lapisan pelindung korosi/karat. Pembuatan mimis lokal dilakukan dengan 2 cara yakni dengan cara cor (cetak) dan roll (gulung). Kelebihan dari mimis lokal ialah harganya yang lebih terjangkau sedangkan kekurangannya adalah biasanya dalam 1 kotak/kaleng ada bentuk mimis yang tidak seragam. Nah, sekarang kita masuk ke inti dari artikel ini :

Tips Memilih Mimis Senapan Angin

  • Yang pertama, pilihlah mimis sesuai kebutuhan anda. Apakah untuk berburu, menembak siluet atau keduanya?
  • Jika anda baru membeli senapan, saya sarankan untuk menggunakan mimis impor untuk zeroing visir atau teleskop.
  • Biasanya pada laras senapan baru akan mengalami inreyen (break-in) kurang lebih pada 100 samapai 500 tembakan. Jadi jangan mengganti mimis sebelum melewati batas ini.
  • Jika anda berniat membeli mimis lokal, carilah yang kualitasnya baik. Mimis yang berkualitas dapat dilihat dari keseragaman bentuk dan ukurannya.
  • Hindari memilih mimis yang mengalami karatan atau berjamur (seperti bercak putih) dan mimis yang bentuknya tidak konsisten.
  • Kalau bisa gunakan pell-size untuk menyeragamkan bentuk mimis anda. Pell –size ini berfungsi untuk memotong timah berlebih pada mimis dan akan membentuk dengan halus.
  • Jika senapan yang anda gunakan bukanlah senapan yang memiliki power besar seperti pcp atay gejluk hindari menggunakan mimis dengan jenis rok yang lebar (seperti JSB Exact atau H&N Rabbit Magnum) dan mimis dengan bobot di atas 10 grain seperti (Samyang atau Black Sniper)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here