TUTORIAL SINGKAT MENENTUKAN HASIL AKURASI SENAPAN ANGIN

0
306

Senapan angin terasa tidak lengkap apabila tidak adanya laras dikarenakan laras merupakan tempat melesatnya peluru. Ada senapan angin yang meskipun larasnya bagus dan normal tetapi akurasinya jelek, dan hal tersebut membuktikan bahwa laras tidak selalu menentukan akurasi suatu tembakan.

Dalam menentukan akurasi suatu tembakan pada senapan angin tidak hanya dengan bagus atau tidaknya laras. Namun banyak hal yang mempengaruhi akurasi tembakan suatu senapan angin. Setiap laras pasti berbeda kualitasnya. Apabila kita membeli sebuah laras maka yang harus diperhatikan antara lain bahan pembuat laras dan juga kerapian dari laras dikarenakan pegerjaan laras yang teliti juga akan menghasilkan presisi yang akan mendukung akurasi tembakan. Tetapi hal tersebut tidak juga berarti kalau laras yang akurasinya jelek harus kita buang dikarenakan ada beberapa tekhnik ketika kita ingin mengetahui akurasi dari sebuah laras, antara lain :

  1. Untuk mengetahui bagus atau tidaknya akurasi suatu laras maka kita harus menggunakan lebih dari 1 merk peluru. Ketika kita melakukan testing maka usahakan untuk memakai peluru dengan merk import atau kalengan, tetapi apabila kemampuan kita adalah peluru yang buatan lokal maka tidak apa-apa yang penting lebih dari 1 merk.
  2. Cara berikutnya untuk mengettahui akurasi laras adalah  crowning pada ujung laras. Yang dimaksud dengan crowning adalah merapihkan bagian ujung laras dengan cara memakai bor tune up. Pada proses crowning ini pengerjaannya memerlukan ketelitian karena menyangkut kerapihan.
  3. Selain menggunakan lebih dari 1 macam peluru dan juga crowning , untuk mengetahui akurasi laras dapat juga memakai cara yang extrem dengan cara bagian ujung dari laras dipotong dengan panjang sekitar 5 cm dan setelah pemotongan maka kita crowning lagi agar ujung laras jadi halus lagi.
  4. Telitilah tempat masuknya peluru yang ada pada pangkal laras, telitilah apakah peluru jadi rusak disaat dimasukkan ke tempat peluru di laras. Langkah yang dapat dilakukan antara lain lepaskanlah laras terlebih dahulu setelah itu masukkan peluru untuk kemudian disogrok memakai kawat las dari bahan kuningan dan ketika peluru keluar lihatlah hasilnya dari peluru yang keluar. Apabila peluru yang dimasukkan ternyata nyangkut  maka biasanya peluru yang keluar bentuknya jadi robek atau bisa juga tidak rata ketika keluar dari laras dan dapat disimpulkan bahwa tempat masuknya mimis atau chamber kurang rapi atau bisa juga lubang transfer angin tidak terlalu rapi.

Itulah beberapa teknik untuk mengetahui bagus atau tidaknya laras untuk menghasilkan akurasi yang sesuai perkiraan kita. Jadi kita tidak jadi kebingungan untuk menentukan pilihan pada laras. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Salam satu laras.

Demikian review dari saya, semoga artikel ini dapat menjadi pertimbangan anda sebelum membeli senapan angin. Jika anda berminat untuk membeli senapan serta aksesoris yang TOP, maka saya rekomendasikan anda membelinya di Senapan123.com atau seller-seller resmi Senapan123. Karena senapan 123 hanya menjual senapan-senapan berkualitas. Happy Shopping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here